Artikel

Kunjungan Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan

    Dibaca 250 kali

Kota Agung Barat – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan  Republik Indonesia Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar pagi tadi meresmikan kegiatan Kemah Konservasi 2017 di Kompleks SUPM (Sekolah Umum Perikanan Menengah ) Way Gelang Kotaagung Barat, Minggu (2/4).


Kegiatan tersebut digalakkan dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbauan yang ke 44 serta Hari Hutan Internasional Tahun 2017.
Dalam kunjungannya kali ini  Menteri didampingi oleh Sekretariat Jenderal Kementerian LH dan Kehutanan serta jajarannya,Sekda Provinsi Lampung, Forkompimda Tanggamus diantaranya  Kapolres, Dandim 0424 Tanggamus, PLT Sekda Tanggamus, 69 UPT Balai Besar se-Indonesia, Jajaran Pramuka Tanggamus serta Masyarakat Kabupaten Tanggamus.
Dalam sambutannya  Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Tanggamus Andi Wijaya yang mewakili Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, M.Pdi., mengucapkan selamat datang kepada Ibu Menteri di Kabupaten Tanggamus, ini merupakan suatu kehormatan bagi daerah ini dan berharap menjadi motivasi bagi Tanggamus untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup yang lebih baik lagi kedepannya.


Sekda melanjutkan, peringatan hari bhakti ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk merefleksi  menggali inspirasi, motivasi dalam kiprah kerja di lingkungan hidup dan kehutanan dimana tempat kita bertugas.


Dan dalam rangka peringatan Hari Hutan Internasional kami berharap koordinasi antar pelaksana kebijakan di sector kehutanan antara Pemkab, Pemprov Lampung dan Pusat dapat terus di tingkatkan.


Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono, yang mewakili Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo mengatakan bahwa dalam rangka melestarikan hutan dilampung Pemprov memiliki program yaitu Taman Hutan Wan Abdurrah man di Bandar Lampung dan Pesawaran akan dijadikan pusat kegiatan pendidikan, wisata dan pusat observatorium teropong bintang dan menjadi tempat salah satu pemantauan hilal untuk penentuan awal 1 ramadan dan hari raya Idul Fitri.


Selanjutnya Menteri LH dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya dalam sambutannya menyampaikan, berkenaan dengan kegiatan Konservasi ini memang sangat penting karena telah menjadi kesepakatan nasional bahwa konservasi kita tiak saja untuk kepentingan menjaga kelestarian hutan tetapi fungsi konservasi kita juga dalam upaya pengembangan wilayah dan memanfaatnya.


Dalam rangka menghadapi tantangan dan tekanan masyarakat terkait dengan pemanfaatan  hutan, maka pemerintah mengeluarkan program Hutan Sosial program nasioanl ini memberikan akses kepada masyarakat di sekitar hutan untuk dapat memanfaatkan hasil hutan bukan kayu.
Hutan sekarang tidak boleh ditakuti oleh Pemda,  lanjut menteri, karena hutan sudah harus menjadi bagian program pengembangan  wilayah provinsi atau kabupaten, tetapi dengan tetap menjaga kelestarian dengan konsep hutan social yang ada aturan-aturannya.


Usai memberikan bMenteri dan rombongan melaksanakan peninjauan pameran hasil hutan, tebar benih udang, pelepasan burung hutan, serta penanaman hutan mangrove dilinkungan pantai SUPM Way gelang.